FORMAT PENILAIAN
KOMUNIKASI TERAPEUTIK KEPERAWATAN
PADA RUANG RAWAT INAP
Nama : ....................................
A. FASE PERKENALAN
NO | UNSUR YANG DINILAI | NILAI ( 1 – 4 ) | KETERANGAN |
I | SELAMA BICARA ADA UNSUR | | |
1. | Salam terapeutik | | |
2. | Memperkenalkan nama perawat | | |
3. | Menanyakan nama pasien | | |
4. | Menjelaskan tanggung tanggung jawab perawat | | |
5. | Menjelaskan tanggung jawab pasien | | |
6. | Menjelaskan kegiatan-kegiatan dalam hubungan perawat - pasien. | | |
7. | Menjelaskan tempat – tempat pertemuan | | |
8. | Menjelaskan waktu – waktu pertemuan | | |
9. | Menjelaskan lama setiap pertemuan | | |
10. | Menjelaskan kondisi terminasi | | |
11. | Meyakinkan pasien bahwa perawat akan menjaga kerahasiaan pasien | | |
12. | Menjelaskan topik yang akan dibicarakan pada pertemuan berikutnya. | | |
13. | Reinforcement positif | | |
| | | |
III | SIKAP DALAM WAWANCARA | | |
1. | Kontak mata | | |
2 | Suara bisa didengar | | |
3. | Tangan dan kaki tidak terlipat | | |
4. | Jartak 50 – 75 cm | | |
5. | Tidak ada “blocking” | | |
6. | Rngakaian kalimat dapat di mengerti | | |
7. | Memberi kesempatan pasien bicara | | |
| TOTAL | | |
Keterangan : Bandar Lampung, ..................... 2010
Nilai : Rentang 1 – 4 Penguji
NILAI = ( ..................................... )
Dirancang oleh : Idawati Manurung
FORMAT PENILAIAN
PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN
Nama : .................................. Nim : .................................
NO | UNSUR YANG DINILAI | NILAI | KET | |||
4 | 3 | 2 | 1 | |||
I | PERSIAPAN | | | | | |
1. | Perhatikan diagnosa keperawatan/medis klien. | | | | | |
2. | Tujuan yang akan dicapai kali ini | | | | | |
3. | Perhatikan suasana klien terkini. | | | | | |
II | FASE ORIENTASI | | | | | |
4. | Salam terapeutik | | | | | |
5. | Evaluasi pembicaraan sebelumnya | | | | | |
6. | Validasi kontrak hari ini (topik, waktu, tempat) | | | | | |
III | FASE KERJA | | | | | |
7. | Topik dibahas dengan sistematis | x | | | | |
8. | Pembicaraan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai | | | | | |
9. | Mengunakan teknik – teknik komunikasi yang tepat | | | | | |
10. | Ada proses pembelajaran atau pemecahan masalah | | | | | |
11. | Alat bantu yang dipakai sesuai dengan tujuan yang akan dicapai | | | | | |
12. | Pasien dilibatkan secara aktif | | | | | |
IV | FASE TERMINASI | | | | | |
13. | Menanyakan kesan atau perasaan klien setelah pembicaraan selesai saat ini. | | | | | |
14. | Mempersilahkan klien menyimpulkan hasil pertemuan kali ini | | | | | |
15. | Memberi kesempatan klien bertanya | | | | | |
16. | Reinforcment positif | | | | | |
17. | Perawat mengevaluasi pencapaian pasien mengenai topik hari ini ( bandingkan dengan tujuan khusus) | | | | | |
18. | Tindak lanjut yang akan dilakukan klien sesuai dengan topik ini | | | | | |
19. | Menyepakati kontrak yang akan datang | | | | | |
20. | Salam terapeutik | | | | | |
| TOTAL | | |
Penguji
--------------------------------- Nilai = jumlah / 20
Kasus
Perawat Tono, perawat dinas malam, harus mengoverkan pasien Bapak Simanjuntak dengan Hipertensi, 180/100 mmhg. Kondisi terkini Pasien adalah tidak mau makan selama tiga hari karena selalu muntah, diam tidak mau diajak bicara, lemas, mengeluh sakit kepala sehingga tidak bisa tidur, dipasang kateter sejak tiga hari yang lalu, obatnya tetap rutin 3 kali sehari, terakhir jam 7 pagi, infus terpasang di tangan kiri. Tadi malam muntah terus, setelah makan sehingga Dokter Jaga menyarankan konsul penyakit dalam. Keluarga bilang, apa tidak bisa dikasih obat-obat yang banyak supaya cepat turun tekanan darahnya, mereka bingung. Tono akan overan dengan Sisca, tolong anda peragakan.
Latihan 1
1. Identifikasi dulu masalah keperawatannya
2. Identifikasi tindakan keperawatan untuk setiap masalah keperawatan
3. Identifikasi kegiatan bersama pasien.
Latihan 2
Perawat Sisca akan memperkenalkan diri kepada keluarga Simanjuntak
Diagnosa Keperawatan 1 : Gangguan rasa nyaman berhubungan dengan nyeri kepala
Diagnosa Keperawatan 2 : Nutrisi kurang dari kebutuhan berhubungan dengan mual dan muntah.
Diagnosa Keperawatan 3 : Gangguan mobilitas berhubungann dengan lemas dan tirah baring
Catatan perkembangan :
Diagnosa /Waktu | Tindakan Keperawatan | Evaluasi |
Dx 1, 10.30 12.00 | Menjelaskan kepada keluarga dan pasien tentang penyebab nyeri dan fungsi obat Mengajarkan tentang tehnik relaksasi musik, napas dalam dan pembatasan pengunjung | S : “Masih sakit kepala” “Saya masih belum bisa mengerti karena kepala sakit” “Lumayan, tapi saya tambah capek” Kel : “Kami mengerti tentang fungsi obat”. Kel : “kami berjanji mengurangi pengunjung”. O: Meringis, memegang kepala, tetap diam T : 160/100mmhg, N : 90x/menit, P : 20x/menit, S : 36 C A : Masalah belum teratasi P : 1. Ulangi ajarkan tehnik napas dalam. 2. Batasi pengujung sesuai janji keluarga 3. Berikan obat, jam 15.00...... |
Catatan perkembangan :
Diagnosa /Waktu | Tindakan Keperawatan | Evaluasi |
Dx 2 8.00 09.30 10.00 12.30 13.00 | Mengganti cairan infus Menganjurkan untuk tetap mengukur jumlah cairan yang diminum sepanjang dinas pagi Konsul penyakit dalam Menjelaskan kepada keluarga pasien tentang cara makan agar tidak muntah. Memberikan kudapan pagi. Memberikan makan siang Mengukur asupan dan keluaran cairan. | S : “saya usahakan makan, walau masih mual” “Saya sudah banyak minum” “nanti isteri saya yang bantu mengukur” ‘Saya tidak muntah lagi” O : Makan habis ½ porsi tapi Lama Kudapan habis Hasil konsul : Gastritis kronis, obat ditambah Asupan : Infus 200 cc, minum : 400 cc, kencing : 300 cc A : Masalah belum teratasi P : Pantau porsi makan malam klien Dampingi klien makan, ingatkan tehnik makan agar tidak muntah 15.00 : Ganti infus pasien |
Catatan perkembangan :
Diagnosa /Waktu | Tindakan Keperawatan | Evaluasi |
Dx 3 9.00 10. 30 12.30 | Membantu BAK Membantu mika. Membantu tidur telentang. | S : “Saya masih lemas, mungkin karena tidak tidur malam” “Siang ini juga tidak bisa tidur” O : Klien masih pucat dan lesu Klien koperatif dalam ganti Posisi Kondisi membaik A.: Masalah belum teratasi P : Bantu BAB?BAK dan mandi klien karena harus tirah baring Ganti posisi setiap 2 jam Bila klien kuat, bantu posisi fowler selama 30 menit, terutama pada waktu makan Sebelum tidur, berikan teh manis atau susu hangat, bersihkan tempat tidur dan lingkungan, batasi keluarga yang menunggu |
Latihan 3
Bila perawat Sisca datang jam 11.00 pagi
1. Apa masalah pasien klien yang akan diintervensi ?
2. Topik/kemampuan apa yang dibahas/diajarkan perawat sebelumnya sehingga bisa yang
dievaluasi perawat ?
3. Apa yang harus diajarkan perawat sekarang ?
4. Apa alat bantunya ?
5. Apa tindaklanjut yang harus diajarkan keluarga kepada Simanjuntak ?
Latihan 4 :
Peragakan komunikasi terapeutiknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar